Kamis, 11 November 2010

MATEMATIKA GASING



GASING merupakan singkatan dari "GAmpang, aSIk dan menyenaNGkan", metode mengajar matematika dan fisika yang ditawarkan oleh Prof. Yohanes Surya pendiri Surya Institute.

Dengan metode GASING, siswa belajar matematika secara gampang/mudah, asyik dan menyenangkan. Dikatakan mudah karena metodenya sangat mudah dimengerti oleh siswa. Karena mudahnya maka siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika.  Ketika anak tahu cara menyelesaikan matematika, maka siswa akan merasa asyik berlatih. Mereka anggap mengerjakan soal matematika itu seperti bermain game.  Mereka merasa bahwa belajar matematika itu ternyata menyenangkan sekali.

Selama 13-15 tahun mengembangkan matematika GASING ini Prof.Surya melihat bahwa pelajaran matematika harus diberikan secara berurutan sebagai berikut:
ü  Pengenalan bilangan
ü  Penjumlahan
ü  Perkalian
ü  Pengurangan
ü  Pembagian
ü  Bilangan negatif
ü  Aplikasi operasi hitung
ü  Pecahan
ü  Desimal
ü  Geometri (termasuk skala dan simetri)
Untuk memasyarakatkan Matematika GASING, Surya Institute memiliki beberapa program yang bisa menjadi tempat bagi guru dan orang tua untuk mendapat pelatihan metode GASING, diantaranya:

Kabupaten Cinta Matematika
Prof. Yohanes Surya memberikan pelatihan gratis untuk 1-2 guru dari tiap kabupaten di Indonesia. Guru-guru ini setelah 3-6 bulan diharapkan dapat kembali ke daerah masing-masing dan melatih guru-guru didaerahnya sehingga terjadilah multiplier effect”dimana nantinya setiap anak di Indonesia akan mampu belajar matematika secara GASING (Gampang, ASyIkdan menyenaNGkan).

Gerakan Ibu-ibu Pandai Matematika
Memberikan pelatihan kepada ibu-ibu di kotamadya/kabupaten secara bertahap dan berjenjang. Peserta bisa berasar dari: PKK, Arisan ibu-ibu, Kelompok Kegiatan Keagamaan ibu-ibu, Lembaga-lembaga Sosial. Info lebih lengkap silahkan kunjungi http://www.yohanessurya.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar