Kamis, 04 November 2010

GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN KTSP, CLCC DAN LESSON STUDY

Ketapang, 09 Oktober 2010



Diikuti oleh 23 orang guru dari 4 sekolah yang tergabung dalam KKG Gugus II Kecamatan Benua Kayong, kegiatan pelatihan pengembangan KTSP, lesson Study dan CLCC diadakan dalam rangka peningkatan kompetensi guru melalui pemberdayaan KKG SD.

Sabtu (09/10) di salah satu ruangan kelas SDN 01 Kel Kauman para guru berkumpul mengikuti pembukaan yang secara resmi dihadiri oleh Kasi Kurikulum Dinas pendidikan; Bapak Edi Santoso, perwakilan UPPK Benua Kayong serta Kepala Sekolah yang tergabung dalam K3S Gugus II. Tidak hanya dukungan dari Dinas pendidikan dan UPPK tetapi LPMP Kalbar juga sangat berperan aktif dalam mensukseskan pelatihan.

KKG merupakan wadah yang sangat tepat bagi para guru untuk berkumpul dan berdiskusi serta belajar bagaimana caranya menjadi guru yang profesional. “Pelatihan pengembangan KTSP, Lesson Study dan CLCC diadakan dalam usaha meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sehingga menjadi penting untuk diikuti para guru. Hal ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sebagai guru yakni meningkatkan kualitas hasil belajar siswa , sehingga mendorong kesiapan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, terbentuknya jaringan kemitraan antara sekolah yang baik/lebih maju dengan sekolah kurang baik/tertinggal, juga menjadi sasaran utama program KKG Gugus II Benua Kayongpapar ketua KKG Haji Taruna.


Senada dengan itu, Edi Santoso yang juga berkenan mengisi salah satu sesi pelatihan menambahkan, “Guru adalah agen pembelajaran, agen perubahan dan garda terdepan dalam menentukan nasib sebuah bangsa karena hitam, putih, kuning maupun biru masa depan bangsa ini ditentukan oleh guru. Maka jabatan sebagai guru adalah jabatan yg sangat strategis.”

“Betapa mulianya pekerjaan sebagai seorang guru, jika dia mampu bekerja dengan hati,” ujar Edi Santoso seraya menambahkan bahwa gaji sekarang dan bahkan ditambah dengan tunjangan sertifikasi tidak akan mampu membayar apa yang telah dilakukan oleh seorang guru yang ikhlas. “Apalagi bagi seorang guru SD yang mendidik anak-anak pada masa golden age atau masa keemasan. Sudah semestinyalah guru menyadari bahwa pendidikan pada masa keemasan akan sangat menentukan masa depan anak-anak kita,” tandas Edi bersemangat

Mengakhiri kata sambutan dan sekaligus membuka kegiatan pelatihan, Edi menghimbau agar guru mau bekerja sama dan bekarja keras dalam mewujudkan visi Dinas Pendidikan Nasional, yakni menghasilkan insan Indonesia yang cerdas serta Visi Kabupaten Ketapang:  aman , damai, adil sejahtera didukung masyarakat yg cerdas, bertakwa kepada Tuhan dan meningkatkan pemerintahan yg berwibawa.




By: Korisyah, S.Pd & Lusi andriani, S.Pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar